Sabtu, 10 Agustus 2013

Sumber Primer: Kebebasan vs Komunisme

Pada bulan Februari tahun 1962, Robert dan Ethel Kennedy perjalanan ke Berlin Barat, Jerman sebagai bagian dari perjalanan goodwill global. Sekutu masa perang telah menang administratif dibagi bekas ibukota Nazi setelah Perang Dunia II, dan pada tahun 1961 Soviet Nikita Khrushchev utama telah menutup perbatasan antara Timur dan Berlin Barat. Nya Tembok Berlin adalah penghalang semen dijaga oleh tank dan tertutup kawat berduri, merupakan manifestasi fisik dari Perang Dingin.
Kennedy berbicara di City Hall Square ke kerumunan diperkirakan mencapai 180.000 orang tentang kontras antara kebebasan dan komunisme.

    
Selama beberapa minggu terakhir saya dan istri saya telah bepergian ribuan mil di seluruh Amerika Serikat, melintasi Samudera Pasifik, dari Jepang sepanjang pantai Cina, turun ke Indonesia, di Samudra Hindia, di seluruh Pakistan, naik melalui Timur Tengah, melalui Italia, dan sekarang kami tiba di kota bebas dari Berlin. Tidak ada yang kami telah melihat telah menyentuh kita sebanyak resepsi Anda untuk kami di sini hari ini.

    
Kehangatan salam Anda akan selalu tetap tak terhapuskan di dalam hati kita dan pesan yang memberi adalah salah satu aku akan melaporkan kembali kepada rakyat Amerika. Dan saya ingin melaporkan kepada Anda bahwa itu membalas dengan persahabatan dan kasih sayang bagi masyarakat Berlin dan kekaguman untuk keberanian Anda.

    
Jadi saya bangga berada di sini di kota Berlin. Ini adalah kunjungan ketiga ke kota Anda. Saya datang ke sini pertama pada tahun 1948 selama airlift Berlin. Itu adalah ketika Berlin dan Amerika berdiri berdampingan. Umum [Lucius] Lempung dan walikota Anda, Ernst Reuter, berdiri harus memikul ketika Komunis berusaha untuk membawa kota bangga Berlin bertekuk lutut. Pada perjalanan yang saya bepergian tidak hanya untuk Berlin Barat tetapi Komunis Berlin Timur, dan kontras antara komunisme dan kebebasan ada di sana untuk semua untuk melihat. Dan aku melihat sendiri.

    
Tapi saya kembali pada tahun 1955, saya datang dari perjalanan panjang melalui Uni Soviet dan saya datang ke sini untuk Berlin Barat dan melihat jalan-jalan yang menyenangkan dan toko-toko gay dan orang-orang baik Anda. Dan ketika saya pergi ke Berlin Timur, lagi itu seperti kembali ke mimpi buruk.

    
[Dua roket tampilannya naik dari timur Tembok Berlin dan meledak keras langsung di atas alun-alun, dan empat bendera merah melayang di atas balon sebagai Berlin boo dan mendesis. Kennedy poin di balon dan terus.]

    
Kaum Komunis akan membiarkan balon melalui tetapi mereka tidak akan datang melalui orang-orang mereka.

    
[Kerumunan mengaum persetujuan]

    
Saya telah melihat kontras antara kota di bagian Barat dan di bagian Komunis, karena banyak ratusan ribu orang telah melihat kontras itu. Dan itulah sebabnya Herr [Walter] Ulbricht harus mendirikan dinding. Karena itu kontras bahwa ia tidak bisa mentolerir.

    
Itulah arti sebenarnya dari dinding yang terletak seperti ular di jantung kota Anda. Mr Ulbricht dan Komunis tidak mampu kontras.

    
[Dua roket lebih meledak, menjatuhkan dua bendera lebih merah dengan parasut dari balon kecil.]

    
Itulah satu-satunya hal yang bisa ia lakukan.

    
Dia tidak bisa mentolerir perbedaan antara kebebasan sini dan komunisme di sana sehingga semua orang bisa melihatnya. Dia telah mendirikan dinding. Kami menyadari patah hati dan penderitaan tembok ini telah menyebabkan masyarakat Berlin. Tapi saya juga akan meminta Anda untuk melihat sisi lain dan melihat apa kesan itu telah membuat seluruh sisa dunia. Karena dinding ini adalah pengakuan kegagalan komunisme, itu adalah upaya untuk pertama kalinya dalam sejarah umat manusia untuk mendirikan dinding, tidak menyimpan perampok atau bandit keluar, tapi untuk menjaga orang-orang mereka masuk

    
Ini dipahami everyplace. Aku berada di Indonesia dan berbicara dengan seorang mahasiswa komunis muda. Dan ia mengatakan bahwa rezim komunis di seluruh dunia didukung oleh rakyat. Dan saya bertanya kepadanya: Aku berkata, "Nah, bagaimana Anda dapat menjelaskan dinding di Berlin?" Dia tersipu sesaat, dan dia berkata: ". Saya tidak ingin masuk ke rincian"

    
Dan kejadian ini telah berulang-ulang dalam perjalanan.

    
Jika tujuan dari tembok itu untuk menghancurkan Berlin, Herr Ulbricht dan para pengikutnya telah keliru sedih. Berlin tidak hanya akan terus ada - itu akan tumbuh dan tumbuh dan berkembang.

    
Hubungannya dengan Jerman Barat tidak akan terputus. Perusahaan dari Amerika dan negara-negara asing lainnya akan mendirikan pabrik mereka di sini. Korporasi dari seluruh dunia akan membuka gerai di kota ini. Halaman terang Berlin Barat yang belum ditulis dalam buku-buku sejarah. Dan Berlin, meskipun di tepi totalitarianisme, tidak akan diserang, karena serangan bersenjata di Berlin Barat adalah sama dengan serangan bersenjata di Chicago, atau New York, atau London, atau Paris.

    
Kami adalah saudara-saudaramu dan kami berdiri oleh Anda.
sumber : http://www.pbs.org

Ditulis Oleh : Berita14 // 13.49
Kategori:

0 comments: